Senin, 24 April 2017

Reuni Merajut Silaturahmi

Tanpa terasa sudah 21 tahun silam lulus menempuh studi di man nglawak kertosono. Masuk awal tahun 1993 dan lulus tahun 1996. Tepatnya Sebuah lembaga pendidikan setingkat sma dibawah naungan kementerian agama RI.
Man nglawak yang sekarang beralih nama menjadi man 1 nganjuk berlokasi di desa nglawak kecamatan kertosono kabupaten nganjuk. Cikal bakal man adalah penegerian madrasah pondok pesantren miftahul ula nglawak kertosono. Jadi antara man nglawak dengan pondok pesantren miftahul ‘ula adalah erat sejalan. Sehingga pondok pesantren yang dirintis oleh KH Abdul Fattah Jalalen ini menjadi pilar penyangga berjalannya madrasah. Dan dipresentasikan menjadi komite madrasah.
Bila reuni kelas agama 2 pertama kali digagas dan dilaksanakan di rumah Niswatin Akhiriyah Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang. Sedang kedua dilaksanakan kemarin Ahad, 22 April 2017 di rumah Supangat Banaran Rejoso Nganjuk. Insyaallah bulan Maret tahun depan akan berlangsung di Pisang Patianrowo Nganjuk.
Melihat rentang waktu yang puluhan tahun, pada dasarnya tidak ada yang berubah dari wajah teman-teman. Ya, memang berubah menjadi agak tua gimana gitu. Usia kisaran 38-40 tahun. Tidak berubah bagaimana, lha sudah berumah tangga semua. Punya anak dua tiga. Sudah bekerja di profesi masing-masing. Alhamdulillah, semua jadi orang. Tidak ada yang menjadi orang-orangan.
Apapun profesinya tetap harus disyukuri. Syukur atas karunia Allah yang terlimpah kepada kita semua. Jumlah siswa agama dua persisnya saya lupa. Seingat saya kisaran 30an orang. Dan wali kelas III agama 2 adalah Drs. H. Arif yang sekarang menjadi pengawas madrasah di Kantor Kementerian Agama Kab. Nganjuk.
Keceriaan
Awal ketika bertemu dengan teman-teman adalah kerinduan dan keceriaan. Mengingat masa-masa lalu di madrasah aliyah. Dulu masih lugu-lugu dan unyu-unyu. Tidak lupa terselip pertanyaan berapa putranya? Yang sulung sudah kelas berapa? Aktivitas sekarang di mana?
Ada juga yang sudah 21 tahun tidak bersua. Karena reuni sebelumnya belum hadir menjadi semakin lengkap. Memang disadari peserta yang hadir belumlah lengkap namun niat untuk menjaga silaturahim adalah hal utama. Bukan hal yang lain.
Agenda kemarin
Setelah dianggap cukup bercerita ngalor-ngidul melepas rindu akhirnya acara dibuka dengan bacaan suratul fatihah. Dilanjutkan dengan tahlil oleh hadi dan doa oleh hisyam yang sekarang tinggal di bojonegoro. 
Ada dua teman yang baru hadir yakni ahmad budi suparno dari yogya dan nikmatul masruroh dari surabaya. Memang teman-teman agama dua dari berbagai daerah. Dan dengan adanya pertemuan alumni ini semakin mempererat tali silaturahmi kita.
Tak lupa sebagai santri, dalam bacaan tahlil juga diselipkan hadiah fatihah kepada kanjeng nabi, para sahabat, para wali, para kiai khususnya kiai haji abdul fattah jalalen sebagai sanad keilmuan pesantren dan santri, tentunya juga keselamatan dan kesejahteraan kita semua.
Kanjeng Nabi Muhammad dawuh bahwa manfaat silaturahmi adalah memperpanjang usia dan menambah rizki. Semoga secuil pertemuan bisa mendapatkan barakahNya. Amin.
Wallahul a’lam bi al shawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar