Rabu, 21 September 2016

Meningkatkan Kompetensi, Guru Akidah Akhlak Adakan MGMP

dok. pribadi
“Guru harus terus belajar. Mengingat ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Bila siswa sudah biasa pegang gawai, guru dituntut juga untuk “melek teknologi”, demikian arahan Sutopo, ketua MGMP Akidah Akhlak.
Sesuai waktu yang telah disepakati, para guru Akidah Akhlak berkumpul pada hari Senin (19/9/2016) pukul 09.00 WIB di MTsN Tanjungtani. Tiada rotan akarpun jadi, begitu kata pepatah. Karena tidak ada ruang kosong, masjid pun dipakai untuk MGMP. Tidak mengapa, bagian dari fungsi masjid tidak hanya untuk salat saja namun juga untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan sosial. MGMP sebagai wadah guru untuk belajar bersama meningkatkan kompetensi diri. Yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Hal ini sejalan selayaknya mengaji bersama.
Pertemuan ini adalah kali pertama berkumpulnya guru madrasah negeri dan swasta dengan jumlah yang besar. Ada 67 guru tercatat. Ini sebenarnya belum seberapa. Bila melihat jumlah MTs yang ada di Nganjuk ada 68 berarti memang belum semua guru mengikuti MGMP.
dok. pribadi
dok. pribadi.
Indikasinya adalah ada madrasah negeri yang mengirimkan 3-5 guru. Di KKM MTsN Termas sendiri ada sekitar 13 anggota. MTs yang tidak mengirimkan peserta ada 7 madrasah. Dilihat dari hal ini kelihatan belum ada satunya pemahaman dari manajemen madrasah terkait pentingnya guru mengikuti MGMP. Atau mungkin juga karena satu guru memegang beberapa mapel sehingga memprioritaskan mengikuti MGMP yang sesuai SK dan sertifikat pendidiknya.
Agenda dari MGMP kali ini adalah memperkenalkan susunan pengurus baru, telaah RPP kelas VII-IX, dan menyusun naskah soal UAS Ganjil. Alhamdulillah, patut disyukuri bila telaah RPP kelas VII dan VIII bisa selesai dilaksanakan. Sedangkan RPP kelas IX baru mengetahui silabus Kabid Pendma kanwil. Sehingga masih belum selesai dan direncanakan pada pertemuan yang akan datang bisa terselesaikan.
Adapun agenda MGMP yang akan datang:
Pertemuan ke-3: hari Senin, 3 Oktober 2016 di MTS Al Amin Manikan Ngetos. Agenda: Membuat RPP kelas IX dan finalisasi naskah  UAS kelas VII, VIII, IX.
Pertemuan ke-4: hari Senin, 7 Nopember 2016 di MTsN Lengkong*. Agenda “Ngaji bareng” permen dan KMA terkait proses pembelajaran di madrasah. Dengan narasumber dari pengawas. Serta menyusun bahan ajar 1.
Pertemuan ke-5: hari Senin, 14 Nopember 2016 di MTsN Ngronggot. Agenda menyusun bahan ajar 2.
Pertemuan ke-6: hari Senin, 21 Nopember 2016 di MTsN Bagor. Agenda menyusun bahan ajar 3.

Tidak lupa pola komunikasi dengan para anggota. Disepakati anggota MGMP bergabung dalam grup WA MGMP AKIDAH AKHLAK.  Tidak menutup opsi juga via sms. (hd). * dalam konfirmasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar