Rabu, 03 Februari 2016

Latihan Wawancara

Ketika jam kosong (03/02/2016), ada sekelompok siswa kelas VII mendatangi saya. Ternyata kelompok ini mendapat tugas wawancara dari guru bahasa Indonesia. saya yang ditunjuk menjadi narasumber mempersilahkan saya. Toh, ada waktu kosong disela-sela mengoreksi tugas siswa. Dan juga ada keinginantahu dari saya seberapa jauh kemampuan siswa untuk melakukan wawancara.
Wawancara dilakukan untuk untuk menggali  data. Dari data ini lalu dianalisa untuk dijadikan bangunan kesimpulan. Hal tersebut adalah tahapan dari sebuah penelitian. Sedangkan apa yang dilakukan siswa tadi adalah sebuah tahapan awal. Siswa dikenalkan bagaimana cara melakukan wawancara. Bisa dimulai dari janjian bertemu, meminta waktu narasumber, tempatnya dimana. Belum lagi yang harus dipersiapkan alat wawancara. Apa cukup hanya menyediakan panduan wawancara, perlu direkam dengan alat atau tidak dan sebagainya.
Walau anak-anak tadi datang berkelompok dan memberikan pertanyaan secara bergantian dengan bahan dari panduan wawancara namun sudah ada kemajuan bagi kemampuan siswa. minimal sudah kenal dengan gambaran wawancara, apa yang perlu disiapkan, bagaimana bertemu dan melakukan wawancara. Inilah salah satu ketrampilan yang perlu dipunyai siswa untuk menyiapkan diri di masa yang akan datang.

Siswa tidak canggung dalam bertanya, kemampuan mencatat apa yang disampaikan narasumber adalah kemampuan tersendiri lainnya. Semoga hal tersebut menjadi tahap awal untuk menyiapkan peneliti santri masa depan. Wallahul a’lam bi alshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar