Kamis, 11 Juni 2015

Nisfu Sya’ban

Nisfu sya’ban atau pertengahan bulan Sya’ban diperingati pada hari Senin (1/6/2015). Pada hari tersebut dipercaya ada proses penggantian buku catatan amal manusia. Buku catatan amal diganti dengan  yang baru. Sehingga mengingat pentingnya hal ini dianjurkan untuk berbuat baik atau beramal saleh. Bisa dengan puasa, berdzikir, membaca salawat, membaca Alquran, bersedekah dan sebagainya.
Dalam mengisi malam Nisfu Sya’ban ini ada amalan yang dikerjakan. Diantaranya sesudah salat magrib melaksanakan salat dua rakaat. Lalu membaca surat yasin 3x seraya berdoa dimohonkan usia panjang yang barokah untuk bisa digunakan untuk ibadah, rizki yang banyak dan barokah untuk bekal ibadah serta tetapnya iman hingga akhir hayat.
Sebagaimana masjid, musala, atau pondok pesantren yang lain, Masjid Baitul Atqiya’ Pisang juga melaksanakan acara serupa. Diikuti oleh para jamaah masjid dan beberapa jamaah dari musala sekitar melaksanakan ritual nisfu Sya’ban bakda salat magrib.
Acara berlangsung dengan khitmat hingga purna. Amalan yang sudah dicontohkan oleh para ulama ini patut untuk diuri-uri dan dilaksanakan. Agar kebutuhan batiniah yang senantiasa dibutuhkan oleh kita diwaktu-waktu tertentu bisa terpenuhi. Semoga kebahagian dan ketenangan hidup senantiasa tercurah untuk kita semua. Atsarnya untuk anak-turun kita semua. Amin. Wallahu a’lam bi alshawab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar