Rabu, 13 Mei 2015

Takziyah Mengingatkan Hidup Sementara

Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Pada hari Senin (11/5/2015) sore telah berpulang ke rahmatullah KH Muhammad Anwar Zuhdi. Beliau adalah Mursyid Tariqah Qadiriyah Wanaqsabandiyah di Kemaduh Baron.
Para murid, saudara, handai taulan, keluarga, semuanya datang menyemut hingga lokasi penuh sesak. Terlihat dari berbagai kalangan hadir untuk memberi penghormatan terakhir.
Menjelang salat magrib sedianya mau dimakamkan. Namun oleh karena pentakziah masih terus berdatangan maka salat jenazahpun terus dilakukan hingga bakda magrib.
Melihat banyaknya orang yang datang lantas saya termenung. Pastilah Gus Mad –panggilan akrab beliau pastilah orang yang baik, amal salihnya banyak dan memberi manfaat kepada banyak orang. Gus Mad dikenal banyak kalangan terbukti banyak tamu yang datang silih berganti disamping beliau juga putra KH Sulaiman Zuhdi yang dikenal sebagai sesepuh kiai Nganjuk di masanya juga tokoh ahli falak yang kharismatik.
Sebagaimana Mbah Zuhdi –panggilan yang biasa disematkan untuk KH Sulaiman Zuhdi dan KH Ghozali Cholil yang telah dulu seda dan banyak peziarah yang terus mengalir ke makam beliau di makam Pondok Pesantren Kemaduh. Itu tanda nyata bahwa semasa hidup beliau bisa memberi manfaat, pencerahan bagi banyak orang. Terutama ilmu agama yang beliau ajarkan setiap hari kepada para santri. Mbah Jali –panggilan orang desa untuk KH Ghozali Cholil adalah pengasuh Pondok Pandanasri yang juga menantu KH Sulaiman Zuhdi.
Mbah Zuhdi juga dikenal sebagai Mursyid Thariqah Qadiriyah Wanaqsabandiyah. Sesudah beliau seda lalu dilanjutkan oleh KH Ghozali Cholil lalu KH Muhammad Anwar Zuhdi. Sesuai dengan hukum alam atau sunnatullah bahwasanya semua makhluk ada masanya. Memang hidup seperti mampir ngombe.
Masih ingat beberapa waktu lalu ketika Madin NU Baitul Atqiya’ Pisang berziarah Wali Nganjuk termasuk Makam Kemaduh dan bertemu beliau. Gus Mad menyarankan untuk juga berziarah ke Kiai Abdurrahman Cepoko. Karena beliau juga sesepuh kiai di masanya. Bahkan K Wahab Hasbullah juga pernah menjadi santri beliau.

Namun kepergian beliau membawa duka mendalam bagi para murid dan keluarga. Semoga beliau ditempatkan Allah di tempat yang terbaik disisiNya. Kita yang ditinggalkan bisa meneruskan perjuangan beliau yang telah dilakukan. Lahul fatihah. Wallahul a’lam bi alshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar