Minggu, 10 Mei 2015

Sekolah PTK sesi ke-3

Sabtu (9/5/2015) dilangsungkan kembali sekolah PTK sesi ke-3 dan dilaksanakan sesudah KBM usai. Dalam kesempatan ini peserta diajak untuk mengisi lembar kerja oleh Dr. Lukman, M.Pd. sebagai fasilitator.
Ada beberapa hal yang perlu dipahami terkait dengan kajian pustaka. Bahwa teori yang digunakan harus terkait dengan judul. Dalam hal ini bisa ditulis minimal dua halaman. Lalu rencana apa yang akan dilakukan bisa berupa acuan awal dalam melakukan tindakan. Juga tidak lupa menuliskan hipotesis tindakan yang akan dilakukan.
Bila kajian pustaka tertulis dalam bab 2 sedang metode penelitian masuk pada bab 3. Adapun materi diantaranya setting penelitian berisi tempat dan waktu penelitian, subjek penelitian (siswa kelas berapa yang diteliti berjumlah berapa), desain penelitian (siklus penelitian) disini merujuk model penelitian ptk siapa, instrumen penelitian dan analisis data (dengan persentase) tidak menggunakan analisis statistik.
Sebagai sedikit catatan ada beberapa instrumen yang perlu dipersiapkan oleh peneliti diantaranya rpp, lembar tes, lembar observasi, lembar kolabolator bila perlu. Tidak kalah penting juga perlu soal yang akan diujikan sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Wallahu a’lam  bial shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar