Rabu, 11 Maret 2015

MGMP Akidah Akhlak


Pada hari Senin (2/3/2015) dilangsungkan pertemuan rutin MGMP Akidah Akhlak MTs sekabupaten Nganjuk bertempat di MTsN Berbek. Peserta MGMP tidak hanya berasal dari guru madrasah tsanawiyah negeri saja yang berjumlah 10 madrasah. Namun juga berasal dari madrasah swasta. Kali ini yang hadir sejumlah 19 orang.
Ada rasa senang mengikuti kegiatan peningkatan profesi semacam ini. Selain untuk sharing permasalahan pembelajaran yang dihadapi sehari-hari sebagai seorang guru juga ada info-info untuk peningkatan kinerja. Juga tidak terlupa silaturahmi antar guru. Menjadikan hubungan antar madrasah dalam rangka mengantarkan peserta didik untuk menguasai materi pelajarannya dan menyiapkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya menjadi suatu keniscayaan.
Format pendidikann antar madrasah yang berbeda-beda menjadi pengayaan untuk dipilih dan dipertimbangkan untuk diterapkan. Juga sharing motivasi karena tugas guru semakin berat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang semakin canggih. “Guru dituntut juga mendoakan peserta didik disamping berdoa untuk putra-putrinya sendiri”, begitu pesan Imam Syahroni, M.Pd.I., ketua MGMP Akidah ketika membuka acara.
Peserta didik sudah familiar dengan smartphone dan aneka fasilitas dunia maya sedangkan guru terkadang baru dalam tahap mengenal. Bahkan ada yang tidak mau bersentuhan dengan perkembangan.
Walaupun jumlah guru semacam di atas relatif sedikit namun hal itu nyata adanya. Belum lagi sekarang ini guru dituntut harus melek teknologi bila tidak ingin ketinggalan karena semua laporan menggunakan aplikasi dan online. Inilah diantara masalah yang dihadapi guru. Perkembangan teknologi informasi inilah yang mempengaruhi pola pikir dan perilaku peserta didik. Kenakalan remaja, pergaulan bebas, narkoba, HIV/AIDS menjadi trading berita remaja. Dan inilah tantangan nyata guru karena menghadapi remaja sehari-hari sebagai peserta didiknya.
Kali ini agenda MGMP adalah membuat soal semester genap kelas 8 dan 9. Juga diputuskan pertemuan yang akan datang bertempat di Kertosono pada awal bulan depan dan direncanakan juga pembagian kain batik untuk seragam MGMP. Wallahul a’lam bi alshawab. (Hadi)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar