Minggu, 22 Maret 2015

Koordinasi Hari Jadi Nganjuk ke-1078

Pada hari Rabu (18/3/2015) berlangsung koordinasi pembentukan panitia Hari Jadi Nganjuk ke-1078 kecamatan Baron di Kantor Kecamatan Baron. Semua instansi pemerintah baik dari kecamatan, UPTD, SMP Negeri, KUA, Madrasah Negeri, Madrasah Aliyah Swasta, seluruh kepala desa sekecamatan Baron diundang. Kebetulan saya diutus untuk mewakili madrasah.
Dari koordinasi yang dibuka oleh sekretaris kecamatan diharapkan partisipasi oleh semua pihak untuk terselenggaranya acara dengan sukses. Hal ini tidak terlepas dari dana gotong royong dari seluruh PNS di kecamatan Baron. Hal ini bisa dimaklumi memang selama ini walaupun kami dari Kementerian Agama setiap acara hajatan nasional biasanya kami rutin berpartisipasi. Misalnya Agustusan, kita juga ikut urun rembug dan tentunya iuran. Dan selama ini dari teman-teman juga ikhlas melaksanakannya.
Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama bersifat vertikal. Langsung berhubungan dengan kementerian di Jakarta. Sedang hubungan dengan pemerintah daerah bersifat horisontal atau koordinasi saja. Karena secara kelembagaan, dana dan personil disupply dari pusat. Terkadang ada hal yang janggal. Ketika ada acara hajatan pihak Kementerian Agama “dijawil” namun ketika ada bantuan, anggaran untuk pendidikan madrasah seolah “dilupakan” seolah-olah urusan madrasah urusan pusat bukan urusan daerah. Ini ada anomali. Padahal dalam undang-undang disebutkan bahwa usaha mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi tanggungjawab semua pihak baik pemerintah kabupaten maupun pusat.
Bila posisinya di daerah, madrasah dan sekolah sama-sama mendidik anak bangsa agar siap menghadapi zamannya. Sama-sama juga peserta didiknya anak Nganjuk. Namun mengapa berbeda perlakuannya. Semoga ini menjadi bahan renungan para “petinggi” pemerintah kabupaten dalam menghadapi hal ini.
Dari pertemuan diketahui ada beberapa agenda dalam rangka Hari Jadi Nganjuk diantaranya Pawai Alegoris, Sepeda Hias, Sepeda Kuno, Pameran, Kirab Pusak Dan Tentu Saja Tasyakuran Pada H-1 Di Kantor Kecamatan Baron. Terpilih sebagai ketua panitia tahun ini adalah kepala desa Waung.
Semoga dengan bertambahnya usia Kabupaten Nganjuk bertambah pula keselamatan, kesejahteraan dalam bahasa Jawanya adem, ayem tentrem selamet dunya akhirat. Amin. Wallahul a’lam bi alshawab. (Hadi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar