Sabtu, 21 Februari 2015

Sambutan Wisuda Khatam Alquran TPQ Baitul Atqiya’

Pada hari Sabtu (21/2/2015) TPQ Annahdliyah Baitul Atqiya’ Pisang Patianrowo mengadakan Wisuda Khatam Alquran bertempat di Masjid Baitul Atqiya’ Pisang. Adapun teksnya sebagai berikut:
Asalamualaikum w.w.
Bismillah alhamdulillah wassholatu wassalamu ala rasulillah sayyidina muhammadin bin abdillah wa’ala alihi wasohbihi waman hadah. Amma bakdu.
Yang terhormat Para Kiai wabil khusus KH Ma’ruf Idris, M.Pd.I. selaku Wakil Ketua PCNU Nganjuk
Yang terhormat Agus Muh. Bulkin, M.Pd.I. selaku Majelis Pembina TPQ LP Ma’arif NU Nganjuk
Yang terhormat Rais Syuriah Pengurus Ranting NU Pisang beserta jajarannya
Yang terhormat Pengurus Ranting NU Pisang beserta pengurus badan otonom dan Pimpinan Lembaga Pendidikan
Yang terhormat Kepala Desa Pisang beserta perangkat desa
Yang terhormat Bapak Ibu Wali Santri
Yang terhormat Bapak/Ibu Undangan
Yang kami hormati Para Donatur TPQ Annahdliyah Baitul Atqiya’
Tak terlupa wisudawan-wisudawati beserta santri-santri yang saya banggakan
Alhamdulillah, pada malam hari ini kita bisa menyaksikan bersama Wisuda Khatam Alquran kedua TPQ Annahdliyah Baitul Atqiya’ Pisang. Taman pendidikan Alquran sebagai wahana untuk mempelajari membaca Alquran bagi anak sangatlah penting. Sebagai bekal menjadikan Alquran menjadi pegangan hidup bagi anak kelak. Dengan mendekat kepada kitab suci sebagai pedoman hidup diharapkan kita senantiasa mendapat hidayah dalam mengarungi kehidupan yang tiada bertepi.
Maka perlu sekali bila mengajak keluarga kita tadarus bersama tiap hari bakda salat magrib. Disamping mendekatkan kita kepada bacaan suci juga memberi efek kedamaian dan kesejukan rumah kita.
Bapak Ibu hadirin yang saya hormati.
Bila melihat di media massa baik cetak maupun media sosial perilaku remaja membuat miris hati kita. Perlu perhatian ekstra orang tua terhadap putra putrinya. Anak tidak cukup hanya disediakan pangan, kesehatan dan pendidikan. Juga perhatian atas pergaulannya, siapa teman bermainnya dan gadget yang setiap hari dipakai. Karana hal itu semua sangat mempengaruhi perilakunya.
Hadirin yang saya hormati
Nahdlatul Ulama Pisang menyiapkan tiga lembaga pendidikan yakni TPQ Annahdliyah Baitul Atqiya’, Madrasah Diniyah Baitul Atqiya’ dan Kelompok Bermain Muslimat NU 2 sebagai bentuk tanggungjawab untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Memang Nahdlatul Ulama didirikan bukan hanya untuk merebut kemerdekaan, mendirikan negara ini namun juga ikut mengisi kemerdekaan dengan pendidikan, sosial dan dakwah. Adanya lembaga pendidikan tersebut semata-mata sebagai pelengkap lembaga pendidikan sejenis yang telah ada. Harapannya menyiapkan generasi penerus yang cakap, pandai dan berakhlakul karimah.
Hadirin yang saya hormati
Setelah melalui serangkaian tasheh mulai dari juz 5, juz 10, juz 15, juz 20 dan munaqasah juz 30 oleh Majelis Pembina TPQ LP Maarif NU Nganjuk alhamdulillah ada 12 santri yang bisa menyelesaikannya dan berhak diwisuda pada hari ini. Mohon bantuan dibacakan suratul fatihah semoga santri yang khatam dan semua santri diberi ilmu yang bermanfaat. Alfatihah...
Begitu juga pengurus NU Pisang dan semua guru semoga diberi keikhlasan dalam mengabdi lahumul fatihah... terima kasih.
Adanya wisuda bukanlah akhir dari belajar ilmu agama. Setelah selesai TPQ dianjurkan untuk meneruskan belajar di madrasah diniyah yang ada. Seperti mengasah arit. Semakin diasah akan semakin tajam. Begitu juga anak. Anak adalah aset. Semakin anak diberi bekal ilmu agama dan ilmu sekolah maka otaknya akan tarasah menjadi terampil, cerdas, berakhlak dan kelak menjadi manusia dewasa yang sukses.
Bapak Ibu hadirin yang berbahagia
Adanya acara hari ini bisa terlaksana karena bantuan dari semua pihak baik materi maupun non materi. Juga Kepada para donatur yang telah membantu selama ini kami ucapkan terima kasih. Semoga bantuan Bapak Ibu menjadi amal jariyah untuk kemajuan pendidikan Islam. Partisipasi seperti ini perlu ditumbuhkembangkan untuk menyiapkan generasi penerus yang sesuai dengan kebutuhan zamannya.
Cukup sekian, mohon maaf atas segala kekhilafan. Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thorieq wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.




2 komentar:

  1. ALHAMDULILLAH,,, SANGAT BERMANFAAT BAGI KAMI,,BAGAIMANA TIDAK, KAMI YANG PEMULA SEBAGAI PENGURUS TPQ YANG ADA DI DESA AIR MESU KAB.BANGKA TENGAH, TERBANTU UNTUK BELAJAR MEMBERIKAN SAMBUTAN DALAM KEGIATAN KHATAMAN ALQUR'AN YANG INSYAALLAH AKAN KAMI SELENGARAKAN DALAM WAKTU DEKAT.

    BalasHapus