Kamis, 01 Januari 2015

Sakit…

Ternyata sakit memang sakit. Sakitnya tuh disini. Memang benar lirik lagu  itu. Bila seseorang sakit memang orang lain tidak akan merasakannya. Tentu saja yang merasakan orang bersangkutan. Salah satu penyakit adalah ambient atau wasir
Ambient ini karena pembekakan di sekitar dubur. Ada beberapa penyebab diantaranya pola makan. Bila sering makan kering bias saja menimbulkan penyakit ini. Ternyata pola empat sehat lima sempurna memang menyehatkan. Makanan kering kurang kandungan serat. Dari hal ini sayur mayor memang penting. Tidak harus mahal. Sayur hijau-hijaun ada disekitr kita. Misalnya bayam, kangkung, sawi dan sejenisnya. Lalu dianjurkan untuk makan buah-buahan. Tidak harus buah mahal. Seperti pisang dan papaya juga cukup untuk metabolism tubuh.
Penyebab kedua karena terlalu banyak duduk kurang olahraga. Dengan olahraga teratur minimal 3x seminggu masing-masing minimal 30 menit sudah cukup lumayan baik. Di kehidupan sekarang ini agaknya mengeluarkan keringat adalah barang mahal. Bila melihat penyakit yang menghantui maka perlu kiranya waspada. Berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga teratur. Juga tidak harus olahraga berat dan mewah dengan mengeluarkan biaya. Bias dengan jalan kaki atau lari pagi. Walau demikian bila tidak ada kemauan jarang bias terlaksana.
Ada saran dari teman untuk mengobati penyakit ini minimal untuk mengurangi hingga menjadi sehat. Memang ambiyen ada 4 stadium. Diantaranya minum madu 3x sehari 1 sdm setengah jam sebelum makan. Lalu juga minum tablet propolis. Dosisnya sama dengan madu.
Sehat memang mahal. Ketika sehat sangat mudah untuk melupakan cara tetap sehat. Alih-alih menganggap tubuh akan sehat terus. Ketika sudah sakit baru merasakan betapa Allah sangat mudah merubah nikmat menjadi sebaliknya. Tergantung orangnya mau bersyukur atau tidak bersyukur. Semoga dengan hal ini kita semakin bersyukur atas karunia yang kita terima. Amin. Wallahu a’lam bi al shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar