Rabu, 06 Agustus 2014

Musafahah di Hari Pertama Masuk



Sebagai bentuk penyempurna ibadah di bulan Ramadan pada hari pertama masuk tepatnya hari Senin (4/8/2014) bersamaan dengan pelaksanaan Upacara Bendera dilangsungkan musafahah atau bersalaman. Keluarga besar madrasah mulai dari Bapak Ibu guru, pegawai dan seluruh siswa bersalaman menyampaikan permohonan maaf.
Bila hak Allah dilanggar maka bentuk taubatnya dengan membaca istighfar dan berupaya untuk tidak mengulangi lagi perbuatan dosa maka hak adami yang berkaitan dengan hak-hak kemanusiaan maka harus meminta maaf dan rido kepada yang bersangkutan.


Banyak hal kelihatan sepele dan sederhana namun oleh karena sudah rutin dan terbiasa kita lakukan menjadikannya dosa yang bertumpuk. Bisa menggunjing teman (biasanya kebiasaan buruknya, sifat yang tidak sama pada umumnya, kejelekannya dan sebagainya) sudah menjadi perilaku kita sehari-hari. Hal itu bisa diampuni bila kita memohon maaf dan menyampaikan langsung kepada yang bersangkutan. Akan lebih baik lagi dengan detail apa yang kita perbuat.
Bila suatu saat tanpa sengaja kita tertukar sandal di masjid dan selanjutnya kita tahu siapa pemiliknya maka segera kita meminta maaf dan mengembalikan kepada pemiliknya.
Semoga di bulan Syawal ini kita bisa menjadi abdun (hamba) yang lebih baik lagi. Amin. Wallahul a’lam bi al shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar