Minggu, 20 Juli 2014

Sunah Puasa



Dalam berpuasa ada tiga hal  yang menjadi kategori kesunahan berpuasa. Pertama, menyegerakan berbuka. Berbuka adalah saat yang ditunggu. Apalagi bagi anak yang mulai belajar puasa. Dianjurkan berbuka dengan kurma. Bila tidak ada cukup dengan air putih. Ada juga yang menganjurkan dengan minuman yang manis-manis seperti manisnya kurma. Tidak lupa membaca doa berbuka puasa.
Kedua, mengakhirkan sahur. Makan sahur mengandung kebaikan. Walau tidak sahur tidak membatalkaan puasa namun dianjurkan untuk tetap melakukannya. Dari sahur didapatkan asupan makanan agar menjadi energi untuk mampu beraktivitas seharian.
Ketiga, menghindari perkataan dan perbuatan yang kurang bermanfaaat. Berpuasa adalah mencegah aktivitas yang kurang bermanfaat. Dengan berpuasa diharapkan hanya perbuatan yang baik-baik saja. Bila ini terjadi maka berhasillah tujuannya. Sebagaimana hadits Nabi banyak orang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga. Karena tidak memperhatikan tata cara berpuasa. Wallahu a’lam bi alshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar