Rabu, 16 April 2014

Perguruan Maarif NU Pisang Mengadakan Suwelasan



Bertempat di Masjid Baitul Atqiya’ Pisang, Keluarga Besar Perguruan Maarif NU Pisang mengadakan acara suwelasan. Acara yang berlangsung pada hari Rabu, 16 April 2014 pukul 15.30 WIB sehabis salat asar berjamaah. Acara suwelasan berasal dari kata suwelas (bahasa Jawa) yang artinya sebelas. Merujuk pada tanggal kelahiran Syeh Abdul Qadir Aljilani.
Adapun acaranya adalah membaca manaqib atau biografi Syeh Abdul Qadir Aljilani. Dikandung maksud untuk menjaga kearifan lokal. Para pendahulu terutama di pondok pesantren seperti di Pondok Pesantren Pandanasri juga mengadakan hal serupa. Sekaligus tabarukan, mencari berkah. Setiap tanggal 10 tanggal komariah diadakan acara seperti ini yang diikuti oleh seluruh santri.
Acara tersebut juga ingin dilestarikan oleh Perguruan Maarif NU Pisang. Sebenarnya acara ini sudah dilakukan beberapa kali. Hanya saja diikuti oleh santri madrasah diniyah. Pada bulan ini ada keinginan agar santri TPQ juga diajak serta agar lebih ada rasa kebersamaan. Alhamdulillah, acara berlangsung lancar. Dengan dipandu oleh Solichul Hadi, acara berakhir pada pukul 16.30 WIB dilanjutkan dengan makan nasi berkat bersama. Semoga segala hajat diberi ijabah oleh Allah, keluarga yang kebetulan diberi ujian sakit semoga diberi kesembuhan, keluarga yang diberi keruwetan semoga diberi solusi. Santri beri kecerdasan dalam menerima ilmu dan mampu mengamalkan. Amin. Wallahu a’lam bi al shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar