Selasa, 21 Januari 2014

Berziarah Ke Makam Syeh Maulana Magribi

Pada hari Selasa, 31 Desember 2013 di sela-sela mengunjungi Pantai Parangtritis teman-teman mengajak berziarah ke Makam Syeh Bela-Belu. Menurut cerita beliau keturunan dari Prabu Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit. Dari isteri selir. Namanya Raden Joko Bandhem. Beliau adalah murid dari Syeh Maulana Magribi. Petilasan Syeh Bela-Belu ada di salah desa di Kecamatan Pace Nganjuk.
Ketika sudah berjalan dari parkiran bus jarak sudah lumayan jauh. Karena berjalan kaki dan jalannya menurun terasa lelah menghantui. Tanpa disengaja ada palang pintu makam Syeh Maulana Magribi. Akhirnya diputuskan untuk berziarah ke sini dahulu. Ternyata jalan ke makam berundak-undak. Dan banyak sekali. Posisi makam ada di atas. Cukup menguras tenaga. Namun karena rasa senang rasa capek hilang dengan sendirinya. Apalagi sudah mencapai makam. 
Suasana Pantai Parangtritis  di lihat dari makam.
Ada satu pertanyaan di hati.  Banyak makam yang terletak di bukit. Seperti makam Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Muria, Makam Imogiri, kalau di Nganjuk seperti  makam Ki Ageng Ngaliman. Setidaknya harus berjalan mendaki bila ingin mencapainya? Biarlah waktu berjalan yang akan menjawabnya.
Pesarean Syeh Maulana Magribbi. 
Silsilah Syeh Maulana Magribi 
Pantai Parangtritis dilihat dari lokasi makam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar