Selasa, 07 Januari 2014

Berziarah ke Makam Orang-orang Soleh Nganjuk

Berawal dari pembicaraan ringan antar guru di kala istirahat tercetuslah keinginan untuk berziarah ke makam-makam orang-orang soleh di Nganjuk. Bila kesepakatan di awal bulan Desember maka Alhamdulillah pada hari Sabtu, 28 Desember 2013 dilaksanakanlah niat tersebut. Dengan jumlah rombongan  lima orang, berangkat mulai pukul 13.00 WIB. Dan berakhir pukul 04.00 dini hari.
Adapun yang dituju 15 lokasi namun karena terkendala waktu sehingga baru 13 lokasi yang bisa dikunjungi. Lokasi ziarah adalah:
1.      KH Sulaiman Zuhdi dan K Ghozali Kholil, Masjid Kemaduh Baron.
Makam KH. Sulaiman Zuhdi.
Masjid Kemaduh Baron.
Makam KH Ghozali Kholil.

2.     KH Munawir dan KH Mustofa, Masjid Tegalarum Pelem Kertosono.
Makam KH. Munawir dan KH. Mustofa.
3.     Syeh Zakaria, Masjid Tiban Lestari Patianrowo.
Makam Syeh Zakaria di Barat Masjid Tiban Lestari Patianrowo. 

4.     Tumenggung Kopek (Mbah Abu Khoiri), Masjid Baiturahman Pakuncen Patianrowo.
Pintu Masuk ke Makam Tumenggung Kopek Pakuncen Patianrowo.



Masjid Baiturahman Pakuncen Patianrowo.
5.     Kiai Karim, TPU Senggowar Gondang.
Makam K Karim di TPU Senggowar Gondang.

6.     Syeh Suluhi, Wilangan.
Makam Syeh Suluhi berada di bawah sebuah pohon dan di timur sungai.


7.     Ki Ageng Ngaliman, Ngliman Sawahan.
Makam Ki Ageng Ngaliman di Desa Ngliman Sawahan.
Pintu masuk makam Ki Ageng Ngaliman.


8.     Makam Aulia Ngetos, komplek Masjid Ngetos.
Sejarah Candi Ngetos yang terletak di depan Masjid Ngetos.
Makam Syeh Yusuf  Abu Hamid.


9.     Kanjeng Jimat, Masjid Berbek
d
Bedug dan kentongan di Masjid Almubarok di Kacangan Berbek.

Makam Kanjeng Djimat.


Mihrab Masjid alMubarok.

Mimbar Masjid Almubarok.

10.   Kiai Khayatuddin, Masjid Winong Ploso Nganjuk.
Makam K Khayatuddin.
11.    Kiai Abu Hakim, Sekarputih Bagor.
Makam K Hakim di barat Mihrab Masjid Pondok.

12.   Kiai Zainuddin, Pondok Pesantren Mojosari Loceret
Pintu masuk makam K Zainudin.


Makam K Zainuddin.

13.   Kiai Mustajab, Pondok Pesantren Ngedong Prambon.
Makam K Mustajab di PP Gedong Prambon.
Ada rasa puas di hati setelah rihlah atau perjalanan spiritual ini. Mengetahui gambaran perjalanan hidup orang-orang yang diziarahi. Bisa membangkitkan semangat beribadah kepada Allah Swt. Juga mengingat akan rumah masa depan. Bagaimanapun sebagai makhluk hidup mempunyai masa kehidupan. Dan bila sudah waktunya selesai maka tempat muaranya juga di rumah peristirahatan terakhir. Semoga kita semua bisa menyiapkan bekal dengan sebaik-baiknya. Juga berharap berkah. Orang-orang saleh yang dikunjungi diyakini dekat hubungannya dengan Allah. Dengan berziarah kita berharap atas doa yang kita haturkan disampaikan beliau-beliau kepada Allah sehingga doa akan terkabul. Karena ada keyakinan orang-orang saleh adalah termasuk orang-orang suci. Makam yang dikunjungi juga termasuk tempat yang baik untuk berdoa kepada Allah. Semoga ikhtiar doa agar diperbaiki akhlak kita sekeluarga hingga anak cucu hingga akhir zaman. Dijaga oleh Allah dari segala marabahaya yang menghadang. Yang mempunyai kesulitan ekonomi, pekerjaan, keluarga, masyarakat semoga lekas diberi solusi. Walau secara akal dan lahiriah sulit untuk dipecahkan. Namun dengan berkah doa para kekasih Allah semoga cepat ada jalan keluarnya. Juga memohon anak cucu kita hingga akhir zaman yang sedang menimba ilmu baik di sekolah, madrasah, perguruan tinggi dan pondok pesantren semoga diberi akal cerdas, mudah diberi pemahaman pelajaran dan mudah untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadi anak saleh-salehah yang berguna bagi masyarakat, orang tua, nusa bangsa dan agama. Wallahu a’lam bi al shawab.

4 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  2. makam mbah karim, senggowar gondang itu tepatnya sebelah mana? bisa beri petunjuk arahnhya?

    BalasHapus
  3. Makam Kiai Khayatuddin Rizzi, Masjid Winong Ataqwa Ploso Nganjuk, Putra Penggantinya Muhammad Mahfud Khalimi (Gus Ipung)

    BalasHapus
  4. P muliadi rumahnya mana geh

    BalasHapus