Senin, 09 September 2013

MINI DEMOKRASI


Pada hari ini Senin, 9 September 2013 berlangsung penyampaian visi dan misi calon ketua OSIS MTSN Termas Baron. Acara berlangsung setelah upacara hari senin. Dan bertempat di halaman madrasah. Ada tujuh bakal calon yang bertarung memperebutkan posisi puncak di organisasi intra sekolah ini. Yakni M. Yazid Nur Hikam, Roy Nurfi M, Eva Yuliana A, Ulya Azizah Fitria, Aninda Husna Mufida, Nisa Salva Nabila, dan Hera Fitria Nuriana.
Salah satu calon menyampaikan visi dan misi calon Ketua OSIS.

Ketujuh nama di dapat setelah melalui seleksi tes tulis, PBB dan tes kepemimpinan dari pengurus OSIS dan pembina. Dan itu berlangsung selama dua hari yang lalu. Acara penyampaian visi dan misi bakal calon berlangsung meriah. Satu persatu bakal calon maju dan menyampaikan visi misinya di atas podium. Setelah memperkenalkan diri dan apa yang disampaikan ada pertanyaan dari peserta untuk mempertajam pokok-pokok pikirannya. Namanya anak ada yang berani dan tenang dalam menyampaikan namun tidak jarang yang demam panggung. Setelah acara berlangsung hampir 45 menit usai sudah acara ini dan para siswa kembali ke kelas masing-masing untuk melanjutkan kegiatan pembelajaran.
Acara seperti ini penting bagi siswa untuk memupuk jiwa kepemimpinan dan mengetahui alur proses pemilihan pemimpin secara demokratis. Memang disadari proses memilih pemimpin dengan cara pemungutan suara banyak kekurangannya. Namun dipercaya adalah pilihan terbaik dari yang terjelek. Ternyata pemimpin sangat dibutuhkan dalam setiap komunitas. Bahkan Kanjeng Nabi sendiri menyampaikan bahwa bila ada dua orang yang bepergian maka salah satunya ditunjuk untuk menjadi ketua rombongan. Hal ini dikandung maksud bahwa ternyata posisi pemimpin sangatlah urgen dalam hal apapun. Karena ada yang bertanggungjawab atas kelangsungan kehidupan suatu komunitas.
Maka tak ayal pemilihan secara demokratis berlangsung dari tingkat RT hingga pemilihan presiden. Begitu juga wakil rakyat di DPRD hingga DPR RI serta DPD sebagai senator dari daerah. Ternyata hal ini juga dilaksanakan di organisasi kemasyarakatan seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, bahkan partai politik.
Kesemuanya pemilihan tersebut bertujuan untuk memilih pemimpin yang terbaik untuk kelangsungan suatu komunitas, negara dan bangsa. Dengan pemimpin yang baru diharapkan ada perubahan berarti.menjadi lebih baik, sejahtera, aman tertib dan bisa menjadi warga negara yang baik. Dan ajang penyampaian visi misi sama halnya dengan kampanye. Bila kelak ia terpilih menjadi pemimpin maka harus melaksanakan apa yang menjadi materi kampanyenya. Bukan hanya pemanis di bibir. Dan lupa ketika sudah menjadi pemimpin. Jangan-jangan malah menjadi tidak pro rakyat-pro bawahannya.
Dan para siswa MTSN Termas mulai diperkenalkan hal ini sebagai bagian sosialisasi kehidupan demokrasi yang kelak akan dihadapinya dalam kehidupan. Wallahu a’lam bi al shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar