Rabu, 28 Januari 2015

Tanda-tanda kedatangan Izrail

Dalam kitab Irsyadul Ibad diterangkan percakapan antara Nabi Ya’kub As dengan malaikat Maut. Beliau sering bertemu dengan dengan malaikat pencabut nyawa ini. Dan berpesan sebelum datang melaksanakan tugasnya agar memberitahukan terlebih dahulu sehingga bias bersiap-siap. Malaikat mautpun bersedia memberitahukan rencana kedatangannya.
Berselang waktu kemudian malaikat Izrail datang. Ditanya, “Apakah hanya datang silaturahmi atau melaksanakan tugas?”. Lalu dijawab bahwa kedatangannya kali ini untuk melaksanakan tugas dari Allah. Kaget sang Nabi. Ternyata setelah diusut tanda-tanda kedatangan Malaikat Maut sudah diberikan tandanya yakni tiga hal: pertama, bila rambut sudah beruban. Kedua, bila tubuh semakin rapuh. Dan ketiga, bila posisi badan sudah tidak tegak lagi alias bungkuk.
Itulah tanda-tanda kedatangan Izrail. Bila seseorang sudah mempunyai dua warna rambutnya yang semula hitam sekarang menjadi putih berarti yang bersangkutan sudah tua, berumur. Biasanya bias terjadi pada kisaran usia 40 tahunan keatas. Namun ada juga yang kurang dari usia tersebut. Memang rambut memutih banyak hal, bias juga karena nutrisi rambut yang kurang sehingga menjadi putih atau mungkin ada penyakit tertentu. Namun pada umumnya bias dijadikan pengingat bila rambut sudah memutih maka perlu bersiap-siap.
Bila tubuh semakin rapuh. Tanda tubuh tua diantaranya serasa tubuh semakin rapuh beda dengan dulu di kala masih muda. Masa muda tidak ada rasa capek. Semua keinginan berusaha digapai walau sebenarnya kelelahan datang menghampiri. Namun tatkala usia semakin uzur tubuh diajak beribadah rasanya berat. Sendi-sendi ngilu, mata digunakan untuk membaca ayat-ayatNya terasa berat bahkan tulisan sepeti mengingatkan kita untuk lebih bersiap-siap menghadapinya.

Menyiapkan kijing sebelum meninggal –meminjam istilah Kiai Hasanuddin. Maksudnya adalah menyiapkan bekal sebelum meninggal. Menyiapkan amal saleh yang dibawa untuk menghadapi pengadilan Allah di hari akhirat. Wallahul a’lam bi al shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar