Senin, 31 Maret 2014

Khataman Alquran Kelas IX F



Sayup-sayup terdengar lantunan bacaan Alquran dari bibir para siswa kelas IX. Pada hari Ahad pagi, 30 Maret 2014 giliran kelas ini mengadakan khataman Alquran. Bertempat di rumah salah satu siswa, Luluk Nur Laila Randu Doyong Sumur Pandan Jekek Baron.
Tepat pukul 05.40 WIB acara dimulai oleh Solichul Hadi, S.Ag., M.Pd. didampingi oleh Binti Khoiriyah, S.Pd. selaku wali kelas. Pembukaan dimulai dengan hadiah fatihah kepada Kanjeng Nabi Muhammad Saw., sahabat, tabiin, wali kekasih Allah, para leluhur, orang yang menyebarkan Islam di desa ini. Dilanjutkan doa harapan untuk siswa kelas ini semoga diberi kecerdasan dalam studi, mudah menerima pelajaran, diberi kesanggupan untuk mengamalkannya sehingga menjadi ilmu yang barakah.
Juga hadiah fatihah untuk para wali murid semoga diberi rizki yang banyak, halal, barakah, untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah juga untuk kemudahan biaya studi putra-putrinya hingga jenjang tertinggi. Tak lupa dipanjatkan doa untuk seluruh guru agar diberi kesehatan lahir dan batin.
Secara bergiliran siswa membaca Alquran satu persatu. Dengan disemak oleh teman yang lain. Dan ini berlangsung hingga akhir. Adapun rangkaian kegiatan ini adalah salat duhur berjamaah dilanjutkan doa tahlil. Selain dua guru di atas turut hadir diantaranya Komari, S.Pd., Aziz Busono, S.Pd.I., dan Karomatul Habibah, S.Ag.
Komari, S.Pd. dalam sambutan mewakili madrasah berharap kebiasaan ini bisa diteruskan dalam keseharian karena begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh. Apalagi dalam menghadapi gawe besar UN. Tidak lupa bahwa sebentar lagi kelas IX akan menghadapi UN maka perlu dipersiapkan diri baik kesehatan, belajar yang rajin dan tidak lupa untuk selalu berhubungan dengan madrasah. Bisa dalam waktu tertentu untuk datang ke madarasah atau membaca blog madrasah. Insyaallah berkaitan dengan ujian dan administrasi kelulusan akan diberitahukan lewat blog.
Khataman Alquran adalah kegiatan sederhana. Namun sebenarnya ada kearifan lokal di dalamnya. Yang dibaca adalah ayat-ayat firman Allah Swt., barang siapa yang mau membacanya dinilai sebagai ibadah. Dilihat dari sini tidak ada waktu yang sia-sia. Karena selain itu adalah bacaan yang penting untuk dibaca, dipahami, diresapi dan berusaha dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Bila kita membiasakan diri membacanya maka akan diberikan ketenangan batin dalam kehidupan. Apalagi juga ditambahi berusaha memahami maksudnya. Akan ada pencerahan kehidupan. Buktinya tidak ada kitab suci yang banyak dibaca oleh manusia kecuali Alquran. Juga tidak ada umat manusia yang dengan kerelaan menghafalnya bahkan jumlahnya ribuan kecuali menghafal Alquran.
Menurut penelitian orang yang hafal Alquran adalah orang cerdas. Karena hanya orang yang cerdas saja yang mampu menghafal Alquran sebanyak 30 juz. Dan nyatanya orang yang hafal Alquran mudah menerima pelajaran ilmu apapun. Buktinya sudah banyak. Sebagai contoh penerima penghargaan lulusan terbaik di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tidak selalu dari fakultas tarbiyah atau syariah. Namun juga berasal dari jurusan Matematika, Sains, Teknik, Psikologi dan lainnya. Yang notebene fakultas non agama.
Melihat keberhasilan ini disadari oleh banyak lembaga pendidikan. Untuk melengkapi institusinya dengan ma’had/pondok pesantren. Jadi kalau dulu pondok pesantren lalu melengkapi dengan pendidikan formal sekarang ada gejala lembaga pendidikan formal dilengkapi dengan pondok pesantren.
Ada wajah ceria di wajah siswa. Selain bisa bersilaturahmi di rumaah teman juga untuk mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat. Semoga dengan kegiatan ini segala hajat semoga dikabulkan. Amin. Wallahul a’lam bi al shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar