Sabtu, 02 Oktober 2010

Iman Kepada Hari Akhir

Standar Kompetensi:
1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir.

Kompetensi Dasar:
1.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
1.2. Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
1.3. Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
1.4. Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir.
1.5. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir.

A. Pengertian Iman Kepada Hari Akhir
Iman secara bahasa artinya percaya atau keyakinan. Sedangkan secara istiah percaya dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, membenarkan dalam hati dan mengerjakan dengan segenap anggota badan.
Keimanan merupakan dasar pokok menyatukan keyakinan, lisan, dan perbuatan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
Hari akhir adalah hari berakhirnya kehidupan dan seruluh alam semesta. Iman kepada hari akhir adalah percaya atau yakin dengan sepenuh hati bahwa hari akhir akan datang.

B. Peristiwa Hari Akhir
Iman kepada hari akhir merupakan rukun iman ke-5. Hari akhir adalah peristiwa yang benar-benar dahsyat pada saat bumi dan langit diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,
gunung-gunung diluluhkan menjadi debu-debu yang beterbangan, matahari digulung, bintang berjatuhan, laut meluap, dan langit akan lenyap.
Pada saat itu, orang tua tidak bisa menolong anaknya dan manusia serta makhluk yang bernyawa akan menemui ajalnya dan kehidupan dunia berakhir.
Firman Allah :Sesudah kejadian tersebut, manusia akan dibangkitkan kembali, dihisab (dihitung) amal perbuatannya semasa di dunia untuk mendapat balasan yang sesuai dengan amal perbuatan aewakyu hidup di dunia. Hal ini harus diimani dan diyakini ;oleh orang0orang yang beriman.
Fiman Allah:
                 
Artinya: “Maka apabila sangkakala ditiup sekali dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur, maka pada hari itu terjadi hari kiamat”. (QS Al-Haaqqah: 13-15)

Pengertian hari kiamat juga disebutkan dalam surat Al-Qaari’ah ayat 1-5:
            ••        
Artinya: “Hari kiamat, apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apa hari kiamat itu? Manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan”. (QS al-Qaari’ah: 1-5)

Kapan terjadi hari akhir? Tidak seorang pun dan makhluk satu pun yang dapat mengetahui kapan terjadinya hari akhir.
Di dalam Al-Qur’an disebutkan:
                  
Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya? Katakanlah “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat adalah pada sisi Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia”. (QS Al-A’raaf: 187)

Walaupun kedatangan hari akhir (kiamat) tidak dapat diketahui namun kita wajib mempercayainya. Bahwa hari akhir itu akan terjadi dan dialami oleh seluruh manusia dan semua makhluk Allah SWT.
Setelah semua makhluk hidup semua menemui ajalnya,maka malaikat Isrofil meniup sangkakala yang terakhir yang disebut Nafkhul Baats semua manusia di bangkitkan dari alam kubur sejak zaman Nabi Adam a.s sampai umat Nabi Muhammad SAW di padang mahsyar untuk mempertanggung jawabkan perbuatan di dunia. Setiap manusia menerima buku catatan amal perbuatan yang dipertanggung jawabkan masing-masing.
Firman Allah QS al-Zalzalah ayat 7-8:
             
Artinya: “Barang siapa mngerjakan kebaikan seberat zarrah pun niscaya dia akan melihat (balasannya) dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasannya) pula”. (QS Al-zalzalah: 7-8)

C. Dalil Naqli dan Dalil Aqli yang berkenaan dengan Iman kepada Hari Akhir
1. Dalil Naqli tentang Hari Akhir
a. Surah Al-Baqarah ayat 4
            
Artinya: “Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al-Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang diturunkan sebelummu, serta mereka yakin kehidupan akhirat”. (QS Al-Baqarah: 4)

b. Surat Al-Baqarah ayat 177
                 …..
Artinya: “Bukankah menghadap wajahmu ke arah timur dan barat itu selalu kebaktian akan tetapi sesungguhnya kebaktian itu adalah beriman kepada Allah dan hari kemudian”. (QS al-Baqarah ayat 177)


c. Surat An-Nisaa’ ayat 136
……..          •   
Artinya: “Barangsiapa kafir kepada malaikat-malaikat-Nya, Rasul-Rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesunggunya orang itu akan sesat sejauh-jauhnya”. (QS. An- Nisaa’: 136)

d Surat al Hajj ayat 7
•            
Artinya: “Dan sesunggunya hari kiamat itu pastilah datang tidak ada keraguan padanya, dan bahwasanya Allah membangkikan semua orang di dalam kuburan”. (QS Al-Hajj: 7)

e Surat Al-Ahzab ayat 21
                 

Artinya: “Sesunggunya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauldan bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah (kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah)”. (QS.Al-Ahzab: 21)

2. Dalil Aqli tentang Hari Akhir
Ada kehidupan ada kematian, ada laki-laki ada perempuan ada permulaan dunia ada pengakhiran segala yang ada di dunia ini. Teori berakhirnya seluruh semesta adalah hari akhir.
Manusia menciptakan radio, pasti suatu saat akan berakhir, batu bateray suatu saat pasti akan habis, begitu juga alam semesta diciptakan Allah SWT suatu saat pasti akan berakhir. Hari berakhirnya kehidupan dunia dan alam semesta ini adalah hari akhir.

D. Nama-Nama Hari Akhir
1. Yaumul Akhir, artinya hari akhir terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 8
2. Yaumul Qiyamah, artinya hari akhir tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 85
3. Yaumul Hasroh, artinya hari penyesalan terdapat dalam surat Maryam ayat 39
4. Yaumul Ba’ts, artinya hari berbangkit disebutkan dalam surat Ar-Ruum ayat 56
5. Yaumul Hisab, artinya hari perhitungan tercantum dalam surat Shaad ayat 16
6. Yaumul Din, artinya hari pembalasan tercantum dalam surat Al-Fatihah ayat 4
7. Yaumul Haq, hari pasti terjadi tercantum dalam surat An-Naba’ ayat 7
8. Yaumul Jami’i, artinya hari berkumpul disebutkan dalam surat Asy-Syuura ayat 7
9. Yaumul Khulud, artinya hari kekekalan dalam surat Qaaf ayat 34
10. Yaumul Fashli, artinya hari keputusan tercantum dalam surat Ad-Dukhaan ayat 40
11. Yaumul Fathi, artinya hari kemenangan di dalam surat As-Sajdah ayat 29
12. Yaumul Kabir, artinya hari yang besar surah Huud ayat 3
13. Yaumul Asir, artinya hari yang sulit tercantum dalam surat Al-Muddatstsir
14. Yaumul Wa’ad, artinya hari terlaksananya ancaman
15. Yaumul Khuruj, artinya hari keluar dari kubur
16. Yaumul Taghabun, artinya hari ditampakkan kesalahan-kesalahan
17. Yaumul Tanad, artinya hari panggil memanggil
18. Yaumul Mau’ud, artinya hari yang dijanjikan

E. Tanda-Tanda Hari Akhir
Berdasarkan keterangan ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits, tanda-tanda hari kiamat antara lain sebagai berikut :
1. Terpecahnya bulan, sebagaimana firman Allah surat Al-Qomar ayat 1.
2. Munculnya binatang yang bicara dengan manusia, Surat An-Nahl ayat 82.
3. Kekacauan dan kejahatan semakin meningkat serta terjadi banyak pembunuhan.
4. Turunnya Dajjal (orang-orang pendusta).
5. Matahari terbit dai sebelah barat
6. Munculnya Ya’jud dan Ma’jud (umat yang suka merusak dan menghancurkan )

F. Waktu Terjadinya Hari Akhir
Hari akhir pasti datang/tiba, tentang waktu kapan terjadinya adalah rahasia Allah SWT, tidak seorang pun dapat memastikannya. Makhluk apapun tidak dapat mengetahui waktu terjadinya hari akhir tersebut, kecuali Allah SWT.
Sebagaimana firman Allah dalam QS. Thaahaa ayat 15
•          
Artinya: “Sungguh hari kiamat itu akan datang, Aku marahasiakan (waktunya) agar setiap orang dibalas sesuai dengan apa yang dia usahakan”. {QS. Thaha :15}

Ayat diatas menjelaskan bahwa datangnya hari kiamat sengaja dirahasiakan oleh Allah sehingga tidak seorangpun mengetahui. Pada hari kiamat nanti, manusia akan menerima balasan balasan atas amalnya selama hidup didunia.

G. Kehidupan Dunia Bukan Kehiduapan Hakiki
Setiap makhluk di dunia ini ada batas akhir kehidupan. Berarti kehtdupan dunia tidaklah hakiki atau kekal. Kehidupan yang hakiki adalah alam akherat. Seorang muslim wajib mempercayai adanya hari akhir. Adapun orang-orang kafir tidak mempercayai adanya hari akhir. Dalam kehidupan dunia mereka bersenang-senang mengikuti hawa nafsunya
Allah SWT berfirman sebagai berikut :
         
Artinya: “Sedangkan kamu {orang-orang kafir} memilih kehidupan duniawi, padahal kehidupan akherat itu lebih baik dan lebih kekal”. {QS Al A’la: 15-16}
Setiap mukmin dididik untuk lebih mencintai kehidupan akherat yang lebih baik dan lebihk kekal daripada kehidupan dunia yang hanya sementara.
Allah SWT berfirman sebagai berikut :
                              
Artinya: “Apakah kamu lebih menyenangi kehidupan di dunia daripada kehidupan di akherat? Padahal kenikmatan hidup didunia ini {dibandingkan dengan kehidupan}di akherat ada lah sedikit”.{QS At-Taubah: 38}

Allah SWT menegaskan bahwa kehidupan di dunia hanyalah gurauan dan tipuan belaka, sebagaimana firman-Nya berikut ini:
                                          
Artinya: “Ketahuilah sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda gurauan perhiasan dan saling berbangga diantara kamu, serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanaman-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur.Dan di akherat nanti ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan nafsu”.
{QS Al-Hadid: 20}

H. Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
Adapun hikmah beriman kepada hari akhir adalah sebagai berikut:
1. Menyadarkan manusia bahwa hari akhir sebagai kehidupan yang hakiki bagi manusai
2. Menyadarkan manusia bahwa kehidupan di hari akhir adalah tujuan setiap manusia yang hidup didunia ini
3. Menjadikan bersikap hati-hati dalam hidup di dunia sehingga akan selalu taat kepada petunjuk agama dan membatasi diri terhadap kesenangan hidup di dunia
4. Mendorong manusia untuk sebanyak mungkin berbuat baik dan sejauh mungkin meniggalkan perbuatan dosa karena sadar bahwa semua perbuatan manusia akan di balas di akhir kelak.
5. Berusaha menjadi manusia yang baik selama hidup, yakni berbakti kepada Allah SWT,kepada kedua orang tua dan berbuat baik terhadap sesama manusia.
6. Dapat manumbuhkan sifat ikhlas dalam mengerjakan sesuatu
7. Menumbuhkan rasa optimis dalam hidup,giat belajar,giat bekerja untuk meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat

I. Perilaku yang Baik dalam Hubungannya dengan Hari Akhir
Setelah memahami hikmah tentang adanya hari akhir tentu skan berdampak positif terhadap
setiap perilaku keseharian, bahwa setiap perilaku yang baik akan mendapat balasan. Sekecil apapun perilaku yang jelek atau negatif akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah SWT. Semua akan menghadapi pemeriksaan yang adil. Semua manusia akan menerima buku catatan atau rekaman yang lengkap tentang perilaku perbuatan sehari-hari selama hidupnya di dunia.


TUGAS PORTOFOLIO

1. Tulislah kembali nama-nama hari akhir beserta artinya!
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


2. Hafalkan nama-nama hari akhir dengan dalil masing-masing dari Al-Qur’an !
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________





! Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

A. Pemahaman Konsep
1. Pengertian iman secara bahasa adalah........
a. Sungguh-sungguh c. Percaya
b. hakiki d. Kepastian
2 Mempercayai dengan kesungguhan hati bahwa hari akhir pasti akan terjadi, adalah pengertian.... a. Rukun iman c .iman kepada Allah
b. iman kepada hari akhir d. rukun Islam
3. al baqarah artinya........
a. seorang muslim harus percaya hari akhir c. kaum kafir tidak percaya hari akhir
b. oranng-orang baik percaya hari akhir d. dan mereka yakin kehidupan akhir
4. “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tidak ada keraguan padanya, dan bahwasanya Allah membangkitkan semua yang ada dalam kubur.” adalah arti .....
a. QS. Al-Hajj ayat 7 c. QS.Al-Anbiya’ ayat 21
b. QS. Al-Baqarah ayat 182 d. QS. Al-Ahzab ayat 7
5. Pada hari kiamat alam akan hancur setelah sangkakala ditiup oleh malaikat .......
a. izrail c. munkar
b. israfil d. jibril
6. Tiupan terompet yang disebut “nafkhul Ba’ats” dapat mengakibatkan .....
a. hancurnya alam semesta c. bangkitnya manusia dari kubur
b. musnahnya alam semesta d. terpecahnya bulan
7. Semua makhluk bangkit dari kuburnya, pada tiupan sangkakala yang ke .....
a. satu c. tiga
b. dua d. empat
8. Yang bukan termasuk tanda-tanda hari kiamat adalah ...
a. matahari terbit dari barat c. munculnya dajjal
b. turunnya nabi Isa As d. turunnya bintang dari langit
9 Alam yang membatasi antara dua tempat atau dua barang adalah.......
a. alam barzah c. alam akhirat
b. alam dunia d. alam kandungan
10. Hari perhitungan amal dengan timbangan adalah ......
a. yaumul Jami’ c. yaumul Hasrah
b. yaumul Hisab d. yaumul Mizan
11. Yaumul Mau’ud artinya .....
a. hari yang pasti terjadi c. hari yang dijanjikan
b. hari kemenangan d. hari kebangkitan
12. Yaumul Asir artinya .....
a. hari yang sulit c. hari panggil-memanggil
b. hari kekelan d. hai kemenangan
13. Yaumul Taghabun adalah hari .....
a. hari panggil-memanggil c. hari yang dijanjikan
b. hari ditampakkan kesalahan-kesalahan` d. hari terlaksananya ancaman
14. Yaumul fashli marupakan nama lain dari hari akhir yaitu .....
a. hari kekekalan c. hari keputusan
b. hari pembalasan d. hari kemenangan

15        .maksud ayat di tersebut adalah ....
a. tidak ada yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat
b.datangnya kiamat itu setelah ada tanda-tanda
c.datangnya kiamat itu setelah manusia rusak aqidahnya
d.datangnya kiamat itu akibat ulah manisia itu sendiri

B. Penerapan
16. Pada akhir-akhir ini manusia banyak memburu harta, seolah-olah akan hidup selamanya, tetapi kita harus senantiasa ingat bahwa .....
a. kekayaan itu harta berharga c. kita perlu memberikan warisan harta
b. jika tidak punya harta akan sengsara d. mati akan segera tiba
17. Adanya pertanggung jawaban dan catatan atau rekaman yang lengkap pada setiap manuisia, maka sebaiknya kita .....
a. sadar, hari akahir pasti tidak ada
b. berhati-hati dalam setiap perbuatan dan berusaha menjadi manusia yang baik
c. beribadah tanpa batas waktu
d. mempertanggung jawabkan apa adanya ksrena semua kehendak Allah SWT
18. Sesuatu yang hidup pasti akan mati/tidak ada, berarti kehidupan dunia akan fana, maka yang kita lakukan adalah .....
a. menydarkan bahwa dunia tidak hakiki
b. mencari bekal untuk mati
c. menyadarkan bahwa hari akhir adalah kehidupan yang hakiki
d. percaya bahwa manusia akan mati
19. Muda foya-foya, hidup kaya raya, mati masuk surga, perilaku tersebut menurut anda adalah .....
a. sesuatu yang tidak mungkin terjadi
b. mendorong manusia untuk hidup bersenang-senang
c. berusaha hidup tanpa beban
d. bersikap acuh tak acuh terhadap hari akhir
20. Barangsiapa mengerjakan kebaikan sedikit, niscaya dia akan melihat balasan tersebut, maka yang kita lakukan adalah .....
a. baerperlaku dibuat-buat agar mendapat pujian
b. berperilaku seadanya, jujur dalam bertindak
c. selalu menebar kebaikan
d. selalu mengerjakan kabaikan bila ada manfaatnya
!!. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas

1. Sebutkan lima nama lain hari akhir beserta artinya !
Jawab ________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________


2. Jelaskan pengertian iman kepada hari akhir !
Jawab: ________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________

3. Peristiwa apakah yang mengawali datangnya hari akhir !
Jawab: _______________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________

4. Tulislah suatu ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari akhir !
Jawab: ________________________________________________________________________
__________________________________________________________________
______
____________________________________________________________
__________________________________________________________________

5. Sebutkan hikmah beriman kepada hari akhir !
Jawab: _______________________________________________________________________
__________________________________________________________________


__________________________________________________________

____________________________________________

0 komentar: